Biologi Pppppppppppppppppppp

Pppppppppppppppppppp

Pendapat saya terkait penampakan pada gambar adalah semakin tua usia suatu pohon, maka lingkaran tahun atau diameter batang akan semakin besar karena adanya aktivitas pembelahan sel pada kambium membentuk lingkaran tahun/cincin tahunan. Cincin/lingkaran ini menjadi tolok ukur ahli kehutanan untuk memperkirakan umur suatu pohon.

Pembahasan

Pertumbuhan diameter pohon dikaitkan dengan pembelahan sel dalam "kambium". Kambium adalah lapisan tipis sel yang aktif membelah yang ditemukan tepat di belakang kulit bagian dalam pohon, atau “floem” . Untuk bagian luar floem adalah kulit luar (sel floem mati) pohon. Floem itu bisa dikatakan kulit kayu.

Di bagian dalam kambium terdapat sel-sel hidup yang disebut kayu gubal, atau “xilem”. Setiap musim semi di daerah beriklim sedang, sel-sel xilem baru ditambahkan oleh kambium, dan kayu baru terbentuk. Xilem dapat dikatakan sebagai kayu.

Cincin tahunan terdiri dari cincin yang tampak lebih terang (tipis dan besar) dan cincin yang tampak lebih gelap (kecil dan tebal). Oleh karena itu, efek kumulatif dari cincin springwood berwarna lebih terang dan cincin latewood berwarna lebih gelap mewakili pertumbuhan satu tahun untuk pohon yang tumbuh di iklim sedang (pertumbuhan xilem senilai satu tahun).

Pelajari lebih lanjut

  • Materi tentang xilem dan floem :
    brainly.co.id/tugas/367098
    brainly.co.id/tugas/910441
    brainly.co.id/tugas/122745

______________

Detail jawaban

Mapel  : Biologi
Kelas   : 11
Bab     : Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Kode   : 11.4.2

[answer.2.content]